Selamat Datang di Infoin.Blog

Sejarah dan Daftar Peraih Gelar Terbanyak Copa America Sejak 1916

Admin Infoin

 

Pengenalan Copa America

Copa America adalah kompetisi sepak bola utama yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan diikuti oleh negara-negara anggota CONMEBOL di wilayah Amerika Selatan, yaitu Brasil, Argentina, Uruguay, Paraguay, Chili, Peru, Ekuador, Bolivia, Kolombia, dan Venezuela. Meskipun demikian, interval penyelenggaraannya dapat berubah-ubah.

Perubahan Interval Penyelenggaraan

Sebagai contoh, pada tahun 1959, Copa America diadakan dua kali dalam satu tahun. Mulai tahun 2007, kejuaraan ini diadakan setiap empat tahun sekali dan kembali digelar pada tahun 2015. Copa America juga merupakan kejuaraan sepak bola antarnegara tertua di dunia, bahkan lebih tua dari Piala Dunia (FIFA). Kejuaraan ini pertama kali diselenggarakan untuk memperingati ulang tahun kemerdekaan Argentina pada tahun 1916.

Negara-Negara Pemenang Terbanyak

Sepanjang perjalanan turnamen dari tahun ke tahun, beberapa negara sering kali menjadi juara. Dari tahun 1916 hingga edisi terakhir Copa America, Uruguay tercatat sebagai negara dengan perolehan gelar terbanyak, yakni 15 kali. Diikuti oleh Argentina dengan 14 gelar dan Brasil dengan 9 gelar.

Penyelenggaraan Copa America 2021

Pada tahun ini, Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) resmi menunjuk Brasil sebagai tuan rumah Copa America 2021. Awalnya, turnamen ini dijadwalkan diadakan di Kolombia dan Argentina. Namun, pada 20 Mei lalu, CONMEBOL mencabut status tuan rumah dari Kolombia karena adanya aksi protes melawan Presiden Ivan Duque yang sedang berlangsung. Beberapa hari kemudian, CONMEBOL juga mencabut status tuan rumah dari Argentina karena tingginya angka kasus COVID-19 di negara tersebut.

Penutup

Copa America terus menjadi turnamen yang dinantikan oleh penggemar sepak bola di seluruh dunia, dengan sejarah panjang dan prestasi yang luar biasa dari negara-negara pesertanya. Turnamen ini tidak hanya menjadi ajang persaingan tetapi juga simbol persatuan dan kebanggaan bagi negara-negara di Amerika Selatan.

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.