Selamat Datang di Infoin.Blog

Mengenal ChatGPT: Definisi, Panduan Penggunaan, dan Manfaatnya

Admin Infoin

ChatGPT telah menjadi salah satu program yang populer sejak diperkenalkan akhir tahun lalu. Kepopulerannya didorong oleh kemampuannya dalam menjawab berbagai pertanyaan dari pengguna. Kini, ChatGPT menjadi program atau aplikasi yang perlu dikuasai oleh pengguna. Namun, tidak semua pengguna memahami apa itu ChatGPT. Jika Anda termasuk salah satunya, jangan khawatir. Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap tentang ChatGPT, mulai dari pengertian, cara menggunakan, hingga kegunaannya.

Apa Itu ChatGPT?

ChatGPT adalah program chatbot AI (Artificial Intelligence) berbasis Language Model (model bahasa) yang dikembangkan oleh OpenAI. Program ini memiliki kemampuan utama untuk menjawab atau menanggapi berbagai pertanyaan dan perintah pengguna.

Language Model pada ChatGPT sebenarnya adalah mesin pembelajaran yang mampu menyajikan prediksi kata dengan menganalisis teks dalam sebuah data. Prediksi tersebut menjadi respons atau output dari perintah teks yang diinput pengguna ke dalam Language Model. Untuk menyajikan output, ChatGPT dilatih dengan sejumlah besar data (dataset). Ketika pengguna memasukkan perintah, ChatGPT mencocokkannya dengan data yang telah dipelajari, kemudian menyajikan prediksi, tanggapan, atau jawaban sesuai perintah tersebut. Misalnya, pengguna memasukkan teks "Saya ingin makan", ChatGPT bisa melengkapinya menjadi "Saya ingin makan tahu".

Ini hanya contoh sederhana, karena tanggapan ChatGPT bisa jauh lebih kompleks. Program ini didesain untuk menghasilkan tanggapan dengan bahasa yang natural, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan ChatGPT seperti berbicara dengan sesama manusia, tanpa kesan kaku seperti robot. ChatGPT tidak hanya dilatih dengan sekumpulan data, tetapi juga oleh pelatih AI manusia yang memberikan masukan, sehingga respons yang dihasilkan lebih natural.

Cara Menggunakan ChatGPT

Menggunakan ChatGPT untuk menyusun berbagai teks cukup mudah. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna, baik di laptop maupun di HP (handphone). Berikut penjelasannya:

Cara Menggunakan ChatGPT di Laptop

  1. Kunjungi website ChatGPT di sini melalui browser di laptop dan pastikan telah login akun. Anda bisa login menggunakan akun Google (Gmail).
  2. Setelah berhasil masuk, ketik prompt atau teks perintah pada kolom pengetikan pesan di ChatGPT untuk mengolah teks sesuai keinginan.
  3. Kirim prompt tersebut dan tunggu beberapa saat hingga ChatGPT menyajikan tanggapan sesuai perintah.
  4. ChatGPT bisa menyajikan beberapa versi tanggapan.
  5. Jika kurang puas dengan tanggapan yang dihasilkan, Anda bisa meminta ChatGPT untuk menyajikan versi lain dengan mengklik opsi “Regenerate response”.

Cara Menggunakan ChatGPT di HP Android dan iPhone

ChatGPT tidak hanya tersedia dalam versi website, tetapi juga aplikasi HP. Pengguna bisa langsung mengakses layanan ChatGPT menggunakan aplikasi di HP Android dan iPhone. Berikut caranya:

  1. Unduh aplikasi ChatGPT di HP Android atau iPhone melalui masing-masing toko aplikasi, Google Play Store dan App Store.
  2. Setelah terunduh dan terinstal di HP, buka aplikasi dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (Gmail).
  3. Setelah berhasil masuk, masukkan pertanyaan atau perintah ke ChatGPT sesuai keinginan di ruang obrolan.
  4. ChatGPT akan menyajikan tanggapan sesuai dengan pertanyaan atau perintah tersebut.
  5. Pengguna bisa mengakses riwayat obrolan yang pernah dibuat pada ChatGPT dengan mengetuk ikon titik tiga dan klik opsi “History”. Melalui opsi ini, pengguna bisa melanjutkan percakapan yang telah dibuat sebelumnya dengan ChatGPT.

Kegunaan ChatGPT

ChatGPT memiliki berbagai kegunaan yang dapat membantu pengguna menyelesaikan berbagai aktivitas, terutama yang berkaitan dengan pengolahan teks. Berikut adalah beberapa kegunaan utama ChatGPT:

  1. Menyusun Teks: ChatGPT dapat digunakan untuk menyusun teks dengan tujuan, format, dan gaya bahasa yang sesuai permintaan. Misalnya, membuat teks pidato untuk Hari Kemerdekaan dengan panjang 500 kata dan menggunakan gaya bahasa formal.
  2. Melengkapi Teks: ChatGPT bisa melengkapi teks yang sudah dibuat sebelumnya. Misalnya, melengkapi formula matematika “2+2+4=” dengan jawaban “8”.
  3. Merangkum Teks: Pengguna dapat meminta ChatGPT untuk merangkum teks tertentu yang berisi beberapa paragraf menjadi lebih ringkas.
  4. Parafrase Teks: ChatGPT dapat membuat tulisan dengan gaya berbeda namun memiliki substansi yang sama seperti teks yang dimasukkan.
  5. Membuat Klasifikasi: ChatGPT dapat digunakan untuk membuat klasifikasi atas berbagai hal, misalnya menyusun daftar aktivitas yang harus dilakukan selama seminggu.
  6. Menerjemahkan Teks: ChatGPT dapat menerjemahkan teks dari bahasa Inggris ke Indonesia dan sebaliknya, serta berbagai bahasa lainnya.
  7. Mengobrol Biasa: ChatGPT bisa dimanfaatkan untuk mengobrol biasa seperti berinteraksi dengan sesama manusia tentang berbagai topik.

Batasan ChatGPT

Meski sangat berguna, ChatGPT memiliki keterbatasan. Tanggapan atau jawaban dari ChatGPT tidak selalu tepat dan masih memiliki potensi menyajikan jawaban yang tidak akurat. Oleh karena itu, pengguna harus bijak menggunakan ChatGPT dan memverifikasi kembali informasi yang disampaikan.

Selain itu, ChatGPT juga memiliki keterbatasan dalam menyajikan informasi dengan konteks peristiwa, waktu, atau kejadian terkini, karena tidak dapat memberikan informasi setelah 2021.

Demikianlah penjelasan mengenai ChatGPT, cara menggunakannya, dan kegunaannya. ChatGPT dapat memudahkan pengguna dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan pengolahan teks dengan lebih cepat dan efisien.

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.